Halaman

Minggu, 01 Mei 2011

Simon Andreas


Santo Andreas (Saint Andrew) adalah rasul Yesus yang pertama. Dalam agama Katolik, namanya masuk ke dalam orang kudus dan peringatan akan dirinya dirayakan setiap tanggal 30 November. Variasi nama baptis lainnya yang berasal dari namanya: Andre, Andrea, Andrew. Simbol kerasulannya: salib yang menyerupai huruf X.



Awal hidup

Santo Andreas dan saudaranya, Petrus, dilahirkan di Betsaida dekat tasik Genesaret, Timur Tengah. Ia dan Petrus hidup dengan bekerja sebagai nelayan di danau Genesaret.

Awal kerasulan

Andreas telah sering mendengar kisah di masyarakat tentang hadirnya Yohanes Pembaptis yang mengajak masyarakat sekitarnya untuk bertobat dan dibaptis. Andreas adalah seorang Yahudi yang tekun. Ia sering membaca firman Tuhan dan direnungkannya. Ia mengetahui janji Tuhan yang akan mengutus Mesias, juru selamat manusia, di bumi. Maka dengan bisikan hatinya ia mengikuti Yohanes di tepi Sungai Yordan.
Suatu hari datang seorang muda dari Nazaret. Ia minta dibaptis. Lalu Yohanes mengumpulkan para pengikutnya dan berkata: "Lihatlah! Dialah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia!" Andreas merasa terkena hatinya dengan orang yang dikenal dengan Yesus itu. Besok harinya, ia pergi menemui Yesus. Ketika ia bertemu dengannya Yesus menegur, "Kalian mencari siapa?". Andreas bingung untuk menjawabnya dan ia memberanikan diri berbalik bertanya, "Rabi tinggal di mana?" Yesus menjawab, "Mari lihat sendiri." Maka ia mengikuti Yesus dan tinggal bersamaNya di hari itu.
Setelah itu kian hari jelas baginya, Yesus adalah Mesias. Ia pun mengajak Petrus untuk ikut denganNya.

Karya

Andreas dipilih Yesus menjadi salah seorang rasulNya yang pertama. Andreas selalu mengikuti Yesus dalam perjalananNya. Setelah Yesus meninggalkan mereka, Andreas dengan tekun mengabarkan Injil sampai ke Rusia dan Yunani.

Akhir hidup

Di tempat terakhir kerasulannya, Patras, ia disalibkan oleh orang kafir dengan salib berbentuk X, yang akhirnya menjadi simbol dirinya

Sumber: Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar