Halaman

Minggu, 01 Mei 2011

Filipus

Filipus

Filipus (Inggris:Phillip) adalah satu dari Keduabelas Rasul Yesus Kristus. Tradisi Kristiani kemudian menggambarkan Filipus sebagai seorang Rasul yang berkhotbah di Yunani, Syria dan Phrygia.


Dalam tradisi Katolik Roma, hari perayaan Santo Filipus, bersama-sama dengan Yakobus yang Adil, menurut tradisi dilakukan pada tanggal 1 Mei, hari perayaan dedikasi mereka kepada gereja yang dilakukan di Roma (sekarang disebut Gereja Keduabelas Rasul (Church of the Twelve Apostles). Ketika Paus Pius XII menyelenggarakan perayaan Santo Yusuf sang Pekerja pada tahun 1955, untuk perayaan pada tanggal 1 Mei, ia mengganti tanggal perayaan Santo Filipus dan James (yang pada waktu itu merupakan Kelas ke-2 Ganda dan menjadi Perayaan Kelas ke-2 pada tahun 1060) ke hari libur terdekat, pada saat itu adalah tanggal 11 Mei, berdasarkan Kalender Umum Roma tahun 1962. Dengan adanya revisi kalender pada tahun 1969, tanggal 3 Mei menjadi hari Perayaan untuk kedua Rasul tersebut. Gereja Ortodoks Timur merayakan hari perayaan Santo Filipus pada tanggal 11 November.
Pemeluk agama Kristen Gnostik mengimbau kekuasaan kerasulan Filipus, berdasarkan beberapa naskah Gnostik mengenainya, terutama Injil Filipus dari Perpustakaan Nag Hammadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar